Rabu, 23 Mei 2012

Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil


Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil - Bila anda akan menikah tentunya untuk melegalkan pernikahan anda, selain secara agama anda juga perlu untuk mencatatkan pernikahan anda di kantor catatan sipil agar pernikahan anda sah secara hukum. Kedepannya tentu ini akan sangat penting karena menyangkut legalitas kehadiran anak anak anda nanti nya sebagai warga negara. Caranya memang agak njlimet seperti umumnya urusan administrasi kenegaraan lainnya. Tapi jangan takut dibawah ini saya siapkan artikel yang bisa sangat membantu anda untuk mendapatkan gambaran tentang apa saja yang akan diperlukan untuk mencatatkan pernikahan anda di catatan sipil

Beberapa daerah mungkin akan memberikan persyaratan khusus sesuai kebijakan pemerintah daerah setempat, tapi tidak akan jauh melenceng dari check list dibawah ini

Administrasi Pencatatan Pernikahan
Oleh Kantor Catatan Sipil

Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil
Syarat-syarat umum:
    Mengisi Formulir Pencatatan Pernikahan
    Surat Nikah/ keterangan nikah yang sah dari istituisi keagamaan (Asli)
    Akta Kelahiran pasangan (Asli)
    Fotokopi KTP dan KK pasangan
    Fotokopi KTP kedua orang tua/ wali pasangan
    Fotokopi KTP kedua saksi pernikahan
    Pas Foto pasangan berdampingan, berwarna, ukuran 4x6, 6 lembar
    Surat pengantar/ Surat keterangan dari Kelurahan pasangan (Asli)
    Uang administrasi

Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil

Syarat-syarat Tambahan:
    Surat ganti nama (bagi yang pernah ganti nama)
    Keterangan WNI/ SBKRI (untuk non-pribumi)
    Perjanjian Harta Terpisah atau Pre-Marital Agreement yang sah secara hukum (jika ada)
    Passport/ ID card (untuk warga asing)
    Akta kelahiran anak (bagi yang telah punya anak)
    Izin/ surat keterangan dari kedutaan (untuk warga asing)
    Izin/ surat keterangan dari komandan (bagi militer TNI/ POLRI)
    Akta perceraian dari catatan sipil (bagi yang pernah menikah)
    Akta kematian dari catatan sipil (bagi yang pernah menikah)
    Izin/ surat keterangan dari orang tua (bagi < 21 tahun)
    Izin/ surat keterangan dari Pengadilan Negeri (bagi < 21 tahun dan tidak dapat izin dari orang tua)
    Izin / Dispensasi Pengadilan Negeri (jika calon mempelai Pria berusia < 19 tahun, dan calon mempelai Wanita berusia < 16 tahun)
    Keputusan Pengadilan Negeri (bila ada sanggahan dari salah satu pihak yang berwenang)
    Izin Pengadilan Negeri untuk ber - poligami (jika ada)

Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil

Catatan:
    Siapkan jauh hari (+ 1 bulan) sebelum pernikahan agama/ proses pencatatan oleh catatan sipil.
    Dapat dilakukan setelah pernikahan secara agama (Misalnya setelah resmi ijab kabul/ sakramen pernikahan, kemudian dilaksanakan pencatatan oleh catatan sipil. Biasanya memerlukan biaya ekstra agar pemanggilan petugas catatan cipil bisa datang ke tempat penyelenggaraan acara ijab kabul/ sakramen
    Mengikuti pelaksanaan prosedur prosesi Ketuk Palu yang akan dipimpin oleh Hakim dengan tertib dan teratur sesuai instruksi
    Syarat ketuk palu: 1 (satu) orang petugas Catatan Sipil yang berpangkat HAKIM (yang memulai prosesi tersebut) dan 2 (dua) orang Saksi Utama dari kedua belah pihak mempelai serta kedua mempelai yang sedang dinikahkan pada saat itu.
    Ketuk Palu adalah istilah yang menyatakan dimulainya sebuah prosesi pernikahan / perkawinan Catatan Sipil secara lengkap, dimana prosesi tersebut minimal dilakukan secara bersamaan.
    Jika pasangan tersebut menginginkan adanya Perjanjian Harta Terpisah atau Pre-Marital Agreement, maka sebaiknya melakukan pemberitahuan terlebih dahulu pada instansi terkait paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum pernikahan akan dilangsungkan. Karena pada saat awal dimulainya prosesi Ketuk Palu, Hakim akan menanyakan hal ini pada kedua mempelai tersebut
    Untuk keterangan lengkap silakan hubungi Kantor Catatan Sipil di daerah anda.
    Yang ditulis di atas berdasarkan Kantor Catatan Sipil Kota Padang Sumatra Barat.

Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil
Biaya Administrasi Pencatatan Sipil
Sebagai gambaran aja, gw pribadi kena Rp. 500.000,- untuk proses pencatatan sipil ini. Karena mengundang 2 orang petugas Catatan Sipil ke gereja tempat gw misa pemberkatan.

Mungkin apabila rekan kaskuser mau melakukan pencatatan sipil di kantor mereka bisa jauh lebih murah (menurut info petugas administrasi gereja, jauh dibawah 500 rebu). Yang pasti harus ada penjadwalan pasti apabila anda ingin melakukan proses tersebut di kantor mereka. Anda harus membawa 2 orang saksi pernikahan anda ke sana tentunya.

Belum ada info biaya resmi dari pemerintah yang gw dapatkan. Jika ada yang tahu silakan konfirmasi

Kemungkinan besar ada perbedaan di Catatan Sipil tiap daerah. Maka untuk lebih lengkapnya hubungi petugas/ kantor Catatan Sipil di daerah anda.

---------------------------------------------------------

Frequently Asked Question [FAQ] 02: Pasangan saya tidak memiliki KTP/ KK, bagaimana solusinya?
Segera buat KTP/ KK, hubungi ketua RT setempat dan katakan bahwa anda ingin membuat KTP/ KK. Penuhi syarat-syaratnya.

---------------------------------------------------------

Frequently Asked Question [FAQ] 03: Apa yang dimaksud dengan "Surat pengantar/ Surat keterangan dari Kelurahan"?

As far as I know, ini adalah surat keterangan belum pernah menikah. Namun bisa jadi lain kota lain lagi jenisnya. Yang pasti anda harus memilikinya. Hubungi Ketua RT anda dan tanyakan syaratnya mendapatkan surat tersebut.

Jika anda ingin mengurusnya sendiri di Kantor Kelurahan, pastikan anda melengkapi syaratnya. Syarat umum: Surat pengantar dari ketua RT (minta sama ketua RT), Fotokopi KTP dan KK, pas foto, bukti pembayaran PBB, uang administrasi.

Syarat bisa berbeda di kota-kota lain. Contoh diatas berdasarkan yang berlaku di kota Padang.

---------------------------------------------------------

Frequently Asked Question [FAQ] 04: Saya tidak dapat membuat KTP/ KK karena bukan penduduk setempat.

Anda harus kembali ke tempat asal domisili anda (berdasarkan akta kelahiran) atau tempat di mana orang tua anda tinggal.

Atau anda bisa minta bantuan calo KTP/ KK. Ingatlah bahwa anda tinggal di Indonesia. Ada uang, semua lancar.

---------------------------------------------------------

Frequently Asked Question [FAQ] 05: Saya tidak memiliki Akte Kelahiran

Kasus 1: Tidak memiliki akte kelahiran sama sekali
Hubungi Kantor Catatan Sipil dan laporkan bahwa anda tidak pernah memiliki akte kelahiran sama sekali. Anda harus membuat akte kelahiran sesuai ketentuan yang berlaku di kantor catatan sipil daerah tersebut.

Kasus 2: Hanya memiliki akte Kenal Lahir
Beberapa daerah tidak mengakui Akte Kenal Lahir, maka prosesnya sama dengan Kasus 1.

Kasus 3: Akte Kelahiran hilang
Hubungi Kantor Catatan Sipil yang mengeluarkan Akte Kelahiran anda (biasanya tempat anda lahir) dan minta salinan kedua dari Akte kelahiran.

Demikian Informasi yang bisa saya sampaikan melalui artikel Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil ini, semoga bisa membantu anda untuk kelancaran proses pencatatan pernikahan anda. Bila anda sudah menentukan tanggal pernikahan, tentunya anda perlu juga membuka artikel yang satu ini Tips Mengundang Tamu di Hari Pernikahan Selamat menempuh hidup baru

Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil

Google
Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil Reviewed by Aramis Night on 5/23/2012 12:08:00 PM Cara Pendaftaran Pernikahan di Catatan Sipil Administrasi Pencatatan Pernikahan Oleh Kantor Catatan Sipil Rating: 4.5

0 komentar:

Poskan Komentar

Site Search