Selasa, 05 Juni 2012

Tips Tidur Pulas

Tips Tidur Pulas - Bagi beberapa orang , tidur malam merupakan hal yang biasa saja dan sudah rutin terjadi dengan normal. Tapi buat beberapa lainnya tidur malam bisa jadi merupakan momen stress karena setelah beberapa jam tergeletak di kasur, kantuk belum juga datang. Hal ini bila terjadi secara terus menerus sangat tidak baik bagi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan memadamkan lampu secara total saat tidur. Karena kegelapan akan dapat merilekskan badan anda untuk dapat segera tidur




Apakah anda lebih suka lampu menyala ketika anda tidur pada malam hari? beberapa orang memilih tidur dengan penerangan dan beberapa orang lebih suka tidur dalam keadaan gelap, tetapi tidur dengan cahaya di malam hari bisa membahayakan kesehatan anda.
Sebuah Penelitian menggunakan dua kelompok tikus untuk tidur pada saat terang dan gelap.

Satu kelompok tikus menerima dua belas jam siang hari dan dua belas jam kegelapan. Kelompok lain adalah dua belas jam terkena cahaya, tetapi satu jam dari kegelapan digantikan dengan satu jam cahaya. Hasilnya? Kelompok tikus yang satu jam kegelapan digantikan satu jam cahaya mengalami perubahan dalam pembelahan sel dan ekspresi gen yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Bukan hanya tikus yang dapat menderita dampak kesehatan dari cahaya pada malam hari. Studi menunjukkan bahwa perempuan yang terkena cahaya pada malam hari, dengan bekerja shift malam atau tinggal di lingkungan dengan banyak lampu jalan, memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa paparan cahaya di malam hari dapat memainkan peran penting dalam berbagai kanker pada manusia.


Mengapa Penting untuk tidur dalam keadaan gelap? Hal ini dikarenakan pada malam hari, tubuh memproduksi melatonin, melatonin adalah suatu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal kecil yang terletak di otak yang membantu untuk mengatur siklus tidur dan bangun. Produksi melatonin dimatikan ketika seseorang terkena cahaya di malam hari, bahkan dalam jumlah kecil. Melatonin berperan penting dalam menekan pembentukan kanker tumor dengan menghentikan replikasi dan kemampuan kanker dan tumor untuk tumbuh. Hal ini dilakukan dengan memblokir aksi dari asam lemak yang disebut asam linoleat, asam lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan tumor.


Melatonin dapat menekan produksi berbagai jenis tumor termasuk kanker payudara dan kolon dan lampu malam mengganggu produksi melatonin yang dibutuhkan agar pemantauan sel-sel tumor tetap terjaga. Sebaiknya kita harus tidur dalam keadaan gelap, kecuali jika anda takut gelap, anda mungkin bisa mengurangi tingkat cahaya pada saat anda tidur hingga anda bisa tidur dengan kegelapan total. Jumlah kecil cahaya dari ponsel, komputer, atau benda lainnya dapat menghentikan produksi melatonin.


Nah cukup jelas bukan, jadi mulai sekarang latih diri anda untuk terbiasa memadamkan lampu sebelum tidur, karena selain terbukti memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tentunya memadamkan lampu saat tidur juga dapat menghemat pengeluaran biaya listrik anda. Simak juga artikel tentang makanan sehat yang akan membuat hari hari anda semakin fit dan sehat menghadapi setiap tantangan hidup

 selamat tidur :)

 

Google
Tips Tidur Pulas Reviewed by Aramis Night on 6/05/2012 09:18:00 AM Tips Tidur Pulas tips tidur sehat dengan latar belakang penelitiannya Rating: 4.5

0 komentar:

Posting Komentar

Site Search